FORMULASI TABLET MOLDING DAUN SUJI (Dracaena angustifolia Roxb.) SEBAGAI PEWARNA HIJAU MAKANAN MENGGUNAKAN BAHAN TAMBAHAN SUKROSA

  • Yachinta Azhari

Abstract

Daun suji (Dracaena angustifolia Roxb.) merupakan tumbuhan yang daunnya dimanfaatkan masyarakat sebagai pewarna hijau alami untuk makanan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan zat warna alami sari daun suji dengan bentuk tablet molding sebagai pewarna pada makanan, serta menentukan kestabilan zat warna tablet molding sari daun suji.

Ekstrak daun suji di peroleh dengan cara penggerusan dan penghancuran menggunakan blender. Ekstrak dibuat sediaan berupa tablet molding dengan bahan tambahan sukrosa atau gula yang juga berfungsi sebagai bahan pengawet. Pewarna alami yang diperoleh diuji kesukaan (Hedonic Test) terhadap 12 panelis. Tablet molding ekstrak daun suji diuji stabilitas warnanya dengan berbagai pengaruh kondisi penyimpanan seperti penyimpanan pada suhu kamar, suhu dingin, penyimpanan pada lemari pengering (sinar lampu), dan penyimpanan yang terkena paparan sinar matahari yang diukur serapannya dengan menggunakan spektrofotometer UV/Vis pada panjang gelombang 652 nm. Evaluasi tablet meliputi pengujian keseragaman ukuran, keseragaman bobot, kekerasan, waktu hancur dan friabilitas.

Hasil uji kesukaan (Hedonic Test) tablet ekstrak daun suji yang paling disukai panelis yaitu sediaan 1 penyimpanan dalam refrigerator. Stabilitas zat warna alami tablet molding ekstrak daun suji dapat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan atau kondisi tempat penyimpanan. Dimana penyimpanan pada refrigerator dapat mempertahankan stabilitas warna alami tablet ekstrak daun suji, dan secara visual warna dari sediaan tablet molding ini tetap berwarna hijau segar.

Hasil evaluasi yaitu tablet ekstrak daun suji berdiameter 20 mm, tebal 5 mm, memenuhi syarat keseragaman bobot, kekerasan tablet 0,78 kg, friabilitas 9,2% dan waktu hancur dengan cakram 50,4 detik sedangkan tanpa cakram 118,3 detik.

 

Published
2019-10-20