PENGGUNAAN BENZODIAZEPIN PADA PASIEN PROGRAM TERAPI RUMATAN METADON FASE RUMATAN DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT HAJI ADAM MALIK MEDAN

  • Robiatun Rambe

Abstract

Penggunaan opiat secara suntik diketahui  berdampak buruk kepada pasien. Untuk mengurangi dampak buruk tersebut, maka perlu dilakukannya intervensi kepada pasien.  Salah satu pendekatan pengurangan dampak buruk (harm reduction) yang dapat dilakukan adalah dengan program terapi rumatan yaitu memberikan Metadon dalam sediaan cair, yang dikenal dengan nama Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM). Masalah baru yang mengganggukeberhasilan program ini adalah drop out (DO) pada pasien terapi metadon. Retensi atau lamanya paien berada pada terapi merupakan salah satu indikator untuk melihat keberhasilan PTRM ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dosis metadon terhadap retensi pasien dalam mengikuti program.

Penelitian ini adalah penelitianklinisdenganrancanganstudipotong melintang. Data yang diperoleh dari rekammedispasien dan data primer pasien.Penelitian dilaksanakan di Klinik MetadonRSUP H.Adam Malik Medan.

Jumlahsampel penelitian adalah pengguna napza suntik (penasun) yang mengikuti PTRM sebanyak 66 orang. Dari penelitian yang dilakukanterhadap66pasientersebut, diperolehpersentasepasienberjenis kelamin laki-laki (100%); usia antara 25-35 tahun (71,2,1%); pendidikan SMA sederajat 83,3%; sudah menikah 56,1%; sudah bekerja 63,6% dan jarak rata-rata tempat tinggal dengan klinik 16,93km. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dosis rata-rata rumatan  terkecil dalam fase rumatan 47,9 mg dengan kisaran 1-165 mg; dosis rata-rata rumatan terbesar adalah 165,0mg dengan kisaran 2-185 mg. Pengaruh dosis rumatan terbesar menunjukkan pengaruh yang bermakna terhadap retensi dengan nilai p =0,015.Terdapat pengaruh yang bermakna terhadap retensi yaitu dosis rumatan terbesar dengan nilai p= 0,015 dan dosis bawa pulang (take home dose ) dengan nilai p = 0, 027. Persentase penggunaan obat dan zat-zat lain yaitu BZO (64,1%);  AMP (38,5%); MET (20,5%); dan THC (20,5%). Tidak terdapat pengaruh yang bermakna antara pengggunaan zat lain terhadap retensi dengan nilai BZO (p 0,389); AMP (p 0,360); MET (p 0,195); dan THC (p 0,470).

Kesimpulan dari penelitian inibahwa semakin besar dosis metadon berpengaruh terhadap besar nya retensi.

Published
2019-10-20