PROFIL PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA PASIEN RAWAT INAP PENDERITA INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) DI RSU CUT MUTIA ACEH UTARA

  • Zulfikri

Abstract

ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) merupakan masalah kesehatan utama di negara berkembang.  Secara umum penyebab infeksi disebabkan oleh berbagai mikroorganisme, namun yang terbanyak disebabkan oleh virus dan bakteri. ISPA yaitu infeksi saluran pernapasan akut bagian atas dan bawah. Penyebab ISPA secara umum disebabkan oleh berbagai mikroorganisme. Antibiotik merupakan golongan obat yang paling banyak digunakan untuk mengatasi berbagai infeksibakteri,virus pada saluran pernapasan atas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil penggunaan antibiotik pada pasien rawat inap penderita ISPA di RSU CUT MUTIA Aceh Utara dan untuk mengetahui rasionalisasi penggunaan antibiotik pada pasien rawat inap penderita ISPA di RSU CUT MUTIA Aceh Utara.

            Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif yang dilakukan secara retrospektif. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Desember 2018. Populasi sebanyak 199 kasus dan dijadikan sebagai sampel sebanyak 133 kasus.

Hasil penelitian profil penggunaan antibiotik berdasarkan jenis kelamin perempuan (59,40%), usia pada massa balita 0-5 tahun (23,31%),  jenis antibiotik seftriakson (33,83%) , golongan antibiotik sefalosporin (69,69%), bentuk sediaan injeksi (65,10%), dan jenis penyakit ISPA dan lain- lain (33,08%). Kerasionalan penggunaan antibiotik dengan hasil berdasarkan tepat indikasi (100%),tepat obat (100%) tepat pasien (100%), tepat cara pemberian (100%) dan tepat dosis (88,88%).

 

Published
2019-10-20